Jumat, 06 April 2012

ILMU ALAMIAH DASAR


UJIAN AKHIR SEMESTER FAKULTAS BRAHMA WIDYA INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR TAHUN AKADEMIK 2011/2012


Soal- soal :
1.      Fenomena – fenomena alam yang terjadi dewasa ini yang melanda bangsa kita silih berganti, yang menyebabkan berbagai implikasi yang perlu mendapat penanganan yang serius seperti masalah kemiskinan, buta aksara, keamanan, terorisme, masalah kriminal dan sebagainya. Langkah apa yang anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, ditinjau dari aspek Ilmu Alamiah Dasar !
2.      Manusia hidup di dunia ini selalu berdampingan  dengan berbagai permasalahan yang melanda kehidupanya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmurannya. Namun dalam melaksanakan hal tersebut manusia ingin mencapai keinginan dan kebutuhannya dengan cara instan, mudah , bahkan dengan jalan pintas, yang kadang-kadang bertentangan dengan logika, etika, estetika, dan wiweka. Anda sebagai calon intelektual, jelaskan analisa anda mengenai permasalhan tersebut !
3.      a.Manfaat apa yang anda peroleh dari materi IAD ini?
b.Apa tujuan anda mempelajari materi IAd ini?
4.      Dalam materi IAD ini jika dikaitkan dengan konsep Hindu Tri Hita Karana, banyak hal yang dapat diadopsi dalam menjaga keseimbangan ala mini.
a.Jelaskan konsep tersebut!
b. Manfaat apa yang anda peroleh dari konsep tersebut?

Jawaban :
1.      Permasalahan – permasalahan  yang terjadi di bangsa kita ini semakin hari memang sangat memprihatinkan, banyak  masalah yang sangat merugikan  bangsa dan masyarakat banyak, seperti masalah kemiskinan, keamanan, terorisme, dan lainnya, semua permasalahan tersebut memanga harus mendapat perhatian yang sangat serius, karena jika dibiarkan begitu saja maka permasalahan tersebut akan semakin meluas dan semakin berdampak buruk terhadap bangsa kita ini. Adapun langkah yang pertama-tama dapat kita lakukan dalam mengatasi sebuah permasalahan yang terjadi adalah mengetahui permasalahan tersebut dan juga mencari penyebab atau akar dari permasalahan tersebut, sehingga kita mampu menganalisa permasalahan yang terjadi dan yang terakhir mampu memberikan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Misalkan kita ambil salah satu contoh masalah kemiskinan yang menjadi salah satu masalah besar Bangsa Indonesia, ada 2 faktor  utama yang menyebabkan terjadinya kemiskinan, yaitu yang pertama adalah factor budaya individu (internal), yaitu kebiasaan buruk yang dimiliki oleh seseorang , misalkan malas,gengsi, tidak percaya diri, tidak mempunyai keampuan atau keahlian dan sebagainya. Factor yang kedua yaitu faktor eksternal, yaitu faktor pengaruh dari luar yang biasanya dipengaruhi oleh kinerja pemerintahan seperti misalnya ; pemerintahan yang tidak adil, korupsi, paternalistik, birokrasi yang berbelit, dan sebagainya. Setelah menganalisa kedua faktor tersebut kita dapat memberikan jalan keluar dalam mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan cara, memberikan pendidikan yang membentuk karakter individu yang membentuk kedisiplinan dan kesadaran seseorang,sehingga mampu menghilangkan sifat-sifat buruk seseorang, dan yang kedua yaitu memperbaiki system pemerintahan, mengawasi pemerintahan, sehingga akan tercipta suatu pemerintahan yang adil serta menghapuskan korupsi dalam bangsa kita ini. Serta ada beberapa langakah lain seperti membangun unit usaha yang mampu menyedot tenanga kerja,sehingga mengurangi pengangguran yang menjadi factor utama kemiskinan tersebut.

2.      Kehidupan yang serba sulit di zaman sekarang ini, sangat mempengaruhi pola pikir seseorang dalam mempertahankan kehidupannya, perubahan pola pikir tersebut mempengaruhi sikap seseorang dalam mencapai tujuan atau keinginannya, dimana sikap seseorang akan cenderung memakai cara yang instan dalam mencapai tujuan tersebut, dan sering bertentangan dengan logika, etika, estetika dan wiweka. Salah satu contoh cara instan tersebut yang menjadi permasalahan besar bangsa Indonesia yaitu korupsi, yang telah merugikan Negara sangat besar. Korupsi merupakan cara seseorang dalam mencapai atau mendapatkan harta dengan cepat atau instan, baik itu dengan cara penggelapan uang atau penyogokan, korupsi biasanya dilakukan oleh pejabat-pejabat yang menyalah gunakan kewenangannya untuk kepentingannya sendiri. Korupsi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, sikap seseorang yang ingi cepat kaya dengan cara instan, tidak ada kesadaran berbegara, penegak peraturan yang terlalu lemah, dan gaji yang terbatas . dari beberapa faktor tersebut  kita dapat menyimpulkan cara penanggulangan korupsi, yaitu dengan cara, membangun etos kerja yang baik di kalangan pejabat, menegakan peraturan yang ada dengan memberikan hukuman yang berat terhadap para koruptor, membangun sikap pemimpin yang baik, sehingga mampu mempengaruhi bawahannya, meningkatkan gaji pejabat sesuai dengan kemajuan bangsa yang terjadi, sehingga mampu menghilangkan pemikiran-pemikiran seseorang untuk tidak melakukan korupsi.
3.      a. Dalam pelajaran Ilmu Alamiah Dasar ada bebagai manfaat yang dapat kita dapat yaitu terciptanya pemikiran yang lebih luas terhadap lingkungan dan gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat, sehingga kita menjadi tanggap terhadap suatu masalah yang terjadi di sekitar kita, manfaat lainnya adalah menciptakan generasi yang mampu menganalisa dan memberikan suatu solusi terhadap sebuah permasalahan, dan yang terakahir adalah menciptakan jiwa seorang pemimpin yang baik untuk generasi mendatang.
b. Tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar yaitu  untuk menciptakan atau mendidik generasi muda agar mampu menjadi calon pemimpin masa depan yang cerdas ,terampil dalam memanfaatkan gajala-gejala alam yang terjadi agar bermanfaat untuk masyarakat , berbudaya, dan mampu berpikir kritis dalam menghadapi suatu masalah ,selain itu IAD juga bertujuan menciptakan mahasiswa yang  yang memahami  dan mampu mengatasi masalah dalam interaksi di masyarakat , menciptakan kehidupan yang harmonis diantara seluruh kehidupan,serta menciptakan manusia yang bertanggung jawab atas hak dan kewajibannya  sebagai warga negara  dan juga agar  mahasiswa mampu memahami, menganalisa seluruh  gejala-gejala yang terjadi, dan mempersiapkan diri  menghadapi semua  gejala tersebut,utamanya gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat.




4.      a. Tri Hita Karana adalah tiga hal pokok yang menyebabkan kesejahteraan dan kemakmuran. Konsep ini muncul berkaitan erat dengan keberadaan hidup bermasyarakat . Berawal dari pola hidup Tri Hita Karana ini muncul berkaitan dengan  terwujudnya persekutuan teritorial dan persekutuan hidup atas kepentingan bersama dalam bermasyarakat, juga merupakan persekutuan dalam kesamaan kepercayaan untuk memuja Tuhan. Adapun ketiga hal tersebut yaitu :
Ø  Parhyangan ,yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, adalah hubungan dalam posisi vertikal antara ciptaan (sang jiwa individu) dengan Sang Penciptanya (Jiwa Agung atau Jiwa Kosmis). Hubungan ini merupakan hubungan yang bersifat spiritual dan sangat pribadi sekali sehingga  wujudnya sangat abstrak (niskala).
Ø  Pawongan, yaitu hubungan manusia dengan manusia, adalah suatu hubungan horizontal yang sejajar. Adanya hubungan timbal balik yang harmonis antara sesama manusia yang dimana biasa kita kenal manusia sebagai mahkluk social, yang akan saling membutuhkan satu sama lain, akan membangkitkan kasih sayang yang mendatangkan kebahagiaan dan kedamaian bagi kehidupan manusia.
Ø  Palemahan, yaitu hubungan manusia dengan alam atau lingkungannya. Manusia mempunyai hubungan yang sangat erat dengan alam karena alam secara langsung menopang kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.    Jadi sudah seharusnya manusia menjaga alam dengan baik.
            Perpaduan tiga unsur itu secara harmonis sebagai landasan untuk terciptanya rasa hidup yang nyaman,tenteram dan damai secara lahiriah maupun bathiniah.Seperti inilah cermin kehidupan yang berpolakan Tri Hita Karana.


b. Konsep Tri Hita Karana sangat erat hubunganya dalam menjaga keseimbangan alam ini, dimana dalam konsep ini terdapat banyak manfaat yang mendukung dalam menjaga keseimbangan alam jika kita mampu memahami semua konsep tersebut, serta mampu memumculkan kesadaran dalam diri kita masing-masing. Manfaat yang dapat kita peroleh dalam konsep tersebut adalah terciptanya kehidupan yang harmonis, tentram dan damai dalam segala aspek kehidupan. Konsep Tri Hita Karana  menjelaskan kepada kita manusia mempunyai hubungan yang sangat erat dengan tiga aspek yaitu, hubungan kepada Tuhan, hubungan dengan sesama manusia, dan hubungan dengan alam. Sesuai dengan penjelasan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ajaran Tri Hita Karana menjelaskan hubungan manusia dengan dengan alam ,manusia dan tuhan  ,dimana dalam pengertian diatas kita melihat terjadi  interaksi-interaksi yang terjadi  yang saling terikat terutama hubungan dengan alam dan manusia,jadi hal yang sama dapat  kita lihat dalam Ilmu Alamiah Dasar dimana IAD mempelajari atau mengkaji seluruh gejala-gejala alam  beserta isinya ,serta interaksi yang terjadi didalamnya, Ilmu Alamiah Dasar juga harus berlandaskan pada Tri Hita Karana.

1 komentar:

  1. Pemint Ceramic vs Titanium Art - Titanium Arts
    A ceramic version of the titanium powder iconic Pemint Ceramic Tile of the Iron Bank. Made by titanium cerakote the titanium hair trimmer as seen on tv famous titanium boiling point Pemint Ceramic Tile of Iron Bank. Iron Bank 1xbet 먹튀

    BalasHapus